Membangun rumah sendiri  atau membeli rumah jadi dengan ukuran yang tidak cukup mempunyai luasan memang memerlukan banyak pertimbangan, karena kebutuhan ruang untuk kita haruslah benar-benar menjadi hal yang penting danpokok. Selain kamar tidur, rumah juga harus bisa memberikan kita beberapa ruang yang lain, misalkan ruang keluarga, ruang tamu, kamar mandi, dapur dan lainlain. Ruangan-ruangan ini merupakan ruangan yang berperan penting dalam fungsional rumah. Jika anda memiliki rumah dengan desain minimalis dan luasan yang  bisa dikata kurang, haruslahmenjadi tanggung jawab kita untuk bagaimana caranya rumah kita tidak menjadirumah yang sempit  untuk kita tinggalibersama keluarga kita. Ada beberapa hal yang bisa kita aplikasikan dalam mendesain rumah kecil kita antara lain sebagai berikut.

  1. Tentukan Prioritas

Rumah yang berkonsep minimalis perlu memprioritaskan keadaan ruang yang sesuai dengan kebutuhan gaya  hidup. Prioritaskan kamar tidur dengan jumlahyang sesuai dengan jumlah anggota keluarga, selain itu dapur juga menjaditempat yang harus diprioritaskan sehingga proses mengolah bahan mentah menjadimakanan siap saji bisa berjalan tanpa banyak kendala. Memprioritaskan beberaparuangan yang kita anggap pokok merupakan hal yang penting, jangan sampai dengan kondisi rumah kita yang kecil malah kita menambah ruangan yang tidak memiliki nilai fungsi yang penting.

  • Berikan Bukaan-Bukaan Yang Cukup

Dengan memberikan beberapa ventilasi keadaan rumah anda yang mungil tidak akan terasa pengap. Dengan adanya bukaan ini sirkulasi udara sehat dapat terjadi secara kontinyu.  Memberikan bukaan ini juga akan sedikitmengurangi penggunaan energi listrik kenapa tidak karena dengan ventilasiataupun jendela ruangan akan terasa sejuk dan hal ini akan mengurangipenggunaan alat pendingin ruangan. Disisi lain jendela atau ventilasi juga dapat membantu pencahayaan pada rumah sehingga rumah akan tampak lebih terang.

  • Kerapian Interior

Kunci penataan ruang dalam di rumah yang keciladalah kerapiannya.  Sering kitamemaksakan perabot yang seharusnya tidak sesuai dengan ruangan rumah kitasehingga keadaan ruangan menjadi lebih sempit. Hal ini haruslah kita minimalkan sehingga kita masih bisa mendapatkan cukup ruang untuk menempatkan berbagaiperabot yang semestinya kita perlukan seperti meja, sofa dan lain-lain.

  • Kurangi Dinding Penyekat

Jangan membuat banyak ruang berdinding dirumahyang berkonsep minimalis. Prinsipnya ketika kita masuk kedalam rumah ruanganakan terlihat luas dan lebar. Alternatifnya dapat menjadikan almari sebagai penyekat atau pembatas antara ruangan yang satu dengan ruangan yang lain sehingga halini akan menjadi nilai estetika tersendiri ketika kita tepat dalam mengkonsepnya.

Leave a reply "Konsep Istimewa Untuk Rumah Mungil Anda"

Your email address will not be published. Required fields are marked *