Untuk memasang kaca, daun jendela, daun pintu dan sebagainya perlu dibuatkan bingkai yang berguna sebagai pelengkap barang-barang tersebut.Bingkainya harus kokoh dan kuat dan agar memiliki nilai estetika yang baiktentunya harus rapi dengan pengerjaan yang halus rapi.

Bingkai ini bisa disebut juga dengan nama Kusen. Bahan yangdapat digunakan untuk membuat kusen antara lain kusen dari kayu, alumunium,fiber, dan plastic bahkan ada yang terbuat dari besi.

  1.  Kusen Kayu

Kusen kayu biasanya dipasangbersamaan dengan pemasangan batako atau batu bata merah. Satuan kusen kayu adalah m3, berbeda jika membeli kusen di perusahaan maka akandihitung perlubang pada kusen tersebut. Misal kusen terdiri dari dua pintu dandua jendela maka satuan kusen dihitung empat lubang.

Kayu yang digunakan untuk kusenbiasanya jenis kayu yang mempunyai kualitas yang bagus dan kuat, misalnya kayujati, kayu akasia, kayu ulin dan lain-lain. Kayu yang digunakan untuk kusenbiasanya mempunyai ukuran 6/15 pada dinding bata merah sedangkan pada batakoberukuran 6/12. Mengapa ukuran kayu ini berbda? Karena ukuran dari batu batamerah dan batako itu sendiri jelaslah berbeda.

Model kusen pada kayu bisa memakai jalusi atau tidak (gundulan). Apabila menggunakan kusen gundulan biasanya diatasnya dipasang rooster atau ventilasi untuk sirkulasi udara.

  •  Kusen alumunium

Kusen alumunium biasanya dipasang setelah pemasangan dinding telah selesai. Apabila pemasangan  kusen dilakukan secara bersamaan dengan pemasangan dinding, kusen akan terkena adonan semen sehingga dapat merusak lapisan kusen. Pemasangan jenis kusen ini dengan menggunakan sekrup atau fisser.

Untuk menghitung kebutuhan kusen alumunium biasanya cukup dengan mengukur panjang kusen dikalikan dengan harga satuan alumunium. Biasanya panjang alumunium yang banyak ditemui dipasaran adalah 6 m . jenis kusen ini terbilang awet Karena kuat dan tahan lama serta tidak mudah terserang hama seperti rayap dan sebagainya.

  • Kusen Fiber atau Plastik        

Kusen plastic biasanya dibuat di pabrik atau workshop sehingga harganya atau analisis per unitnya disesuaikan berdasarkan bentuk dan ukuran kusen. Kusen fiber biasanya banyak digunakan di WC ataupun ruang ruang lainya yang kontak langsung dengan air. Suatu misal apabila kita bepergian jauh, WC umum yang kita jumpai banyak menggunakan kusen dari fiber atau plastic.

Karena kekuatan kusen ini kurang maksimal apabila dibandingkan dengan kusen kayu maka untuk mnghindari kerusakan kusen  pemasangannya dilakukan setelah dinding selesai jadi sebelumnya kusen tidak terlalu menahan beban yang berat.

  •  Kusen Besi

Kusen besi biasanya banyak digunakan untuk pintu pabrik, bengkel, pintu pada pagar rumah dan lain-lain. Jnis kusen ini merupakan yang paling kuat diantara kusen –kusen yang lain jadi pemasanganya bersamaan dengan pemasangan dinding, dan kelemahan dari kusen biasanya akan cepat berkarat jika terlalu sering terkena air dan sinar matahari.

Kusen besi banyak dijumpai untuk kusen-kusen eksterior saja, tetapi ada juga yng menggunakan kusen besi untuk interior misalnya pada jendela kamar, pintu dan lain-lain.

Leave a reply "MACAM- MACAM KUSEN RUMAH"

Your email address will not be published. Required fields are marked *