Jika kita berbicara mengenai perkembangan jaman,tentunya era modern ini telah banyak berbagai perkembangan mulai dari banyaknya pabrik-pabrik yang berdiri di tengah panasnya kota, kemudian tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi, juga kebutuhan tempat tinggal yang semakin haria kan semakin berkurang karena banyaknya digunakan untuk bangunan-bangunankomersil. Tempat tinggal yang nyaman dengan suasana dingin dan sejuk ditengah-tengah kota besar memang adalah hal yang sulit untuk kita cari.Penggunaan alat pendingin ruangan bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagianbesar masyarakat pada umumnya. Tetapi bagaimana jika keadaan kita saat ini masih kost xatau tinggal dikontrakan? Apakah kita akan menggunakan listrik secaraberlebihan sedangkan setiap bulanya kita diharuskan membayar kontrakan ituditambah dengan biaya listrik. Ada berbagai langkah yang dapat kita ambil agar kontrakan atau kos-kosan bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kita tinggali meskipun ukuranya tidak begitu luas. Jika kita ingin membangun sebuah kontrakan tentunyabanyak pertimbangan yang harus kita pikirkan agar nantinya kontrakan kita banyak yang memanfaatkan untuk tempat tinggal orang-orang yang merantau.

Biaya sewa kontrakan perbulanya berkisar antara 300-500 rupiah dengan ukuran ruang yang tidaklah memiliki luasan yang cukup. 3×3 meter atau 3×5 adalah ukuran ruang kontrakan  kebanyakan diluaran sana. Dengan ukuran yang sekian tentunya ruangan akan menjadi sempit jika ditempati lebih dari dua orang, dari sini seorang desainer harus mampu menjawab persoalan ini. Bagaimana caranya menjadikan ruangan yang sempit menjadi tempat yang nyaman dan pas agar tak terasa sempit ketika di tinggali. Salah satunya menerapkan ruangan yang multi fungsi, contohnya letak dapur dengan ruang makan menjadi satu sehingga tidak terlalu banyak menyita banyak ruang. Kemudian untuk desain interior yang lain seperti ketinggian dinding juga harus diperhatikan, karena dinding yang terlalu rendah akan membuat kontrakan menjadi pengap ukuran yang ideal 3,5 meter. Disisi lain kita juga harus memberikan bukaan-bukaan yang fungsinya sebagai jalan keluar masuknya udara segar sehingga hal ini akan mengurangi penggunaan listrik untuk pendingin ruangan.

Yang tak kalah penting pada bagian eksterior kos nya harus dikonsep semenarik dan serapi mungkin. Karena kontrakan biasanya berjejermemanjang jadi setiap kamar harus mempunyai ciri khas suatu misal diberikantaman kecil atau tempat sampah pada bagian depan yang akan menjadi nilai tambahuntuk kontrakan. Pemilihan warna cat untuk eksterior dan interiornya juga harusdipertimbangkan, apakah kamar yang berjumlah sekian banyak hanya akan kita catdengan satu warna atau di cat dengan warna yang berbeda. Tentunya ini jugasalah satu langkah kita agar kontrakan menjadi tempat yang nyaman untukditinggali. Persediaan air tentunya juga harus menjadi prioritas, tergantungkita mendesain kamar mandinya berada di dalam ruangan atau diluar ruangan.Tetapi kontrakan yang banyak diluaran sana kamar mandinya berada di dalamruangan, dengan begitu akses air bersih dapat dengan mudah untuk kita jangkau.

Leave a reply "Mendesain Kontrakan/ Kos minimalis Modern"

Your email address will not be published. Required fields are marked *