Berikut ini kita akan membahas tentang cara menghitung rencana anggaran biaya rumah dengan sederhana, untuk tahap awal dalam merencanakan pembangunan adalah siapkan dulu ukuran tanah anda dan kebutuhan ruang yang akan dibangun. Buatlah denah rencana dulu misalkan denah yang dihasilkan panjang lebar bangunan adalah 5 meter x 8 meter jadi kita hitung 40 meter jadi type bangunan adalah type 40.

Setelah dapat type rumah anda yaitu 40 m2 dikalikan biaya 40 m2 x Rp 3.000.000 ( ini nilai Rencana anggaran biaya Kotor dengan material sedang ) = Rp 120.000.000 , hitungan ini adalah biaya kotor kalau anda ingin detail rencana anggaran biayanya perlu dihitung volume tiap detail misalnya volume atap, pondasi, keramik dll. Kalau hitungan volume sudah ada akan kelihatan lebih detail jumlah material yang dibutuhkan seperti jumlah keramik, jumlah genteng, jumlah besi strukture, jumlah pintu yang akan dibutuhkan.

Saat ini Rencana anggaran Biaya sangat penting karena dengan adanya ini kita bisa menghitung budget biaya bangun kita sehingga tidak melebihi kantong kita. Pemilihan material juga penting, jangan sampai kita akan mengurangi biaya tetapi memilih bahan material yang mahal karena naik turunnya rencana anggaran biaya ini tergantung pemilihan material yang digunakan.

Memanfaatkan waktu yang efisien juga sangat penting dalam membangun rumah, yaitu pemilihan tukang atau sumberdaya manusia, jangan sampai molor dalam mengerjakan karena pasti akan membengkak dalam pembangunannya dan biaya bangunnya. Ketepatan waktu sangat berpengaruh dengan budget yang anda sudah siapkan, pergunakan waktu dengan tepat ini solusi tepat dalam membangun rumah anda.

 

Leave a reply "Menghitung anggaran biaya Rumah tinggal"

Your email address will not be published. Required fields are marked *