Rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Salah satu kriteria rumah yang sehat adalah pemenuhan kebutuhan fisiologis berupa pencahayaan, penghawaan, dan ruang gerak yang cukup. Tak hanya kualitas pencahayaan, tapi juga sirkulasi udara yang didukung dengan sistem ventilasi yang baik.

Peduli akan ventilasi rumah berarti peduli juga terhadap kesehatan penghuninya. Kenapa ventilasi sangat penting? Berikut 12 alasan pentingnya ventilasi di rumah:

1. Agar Rumah Tidak Lembab Ventilasi Harus Ada
Sirkulasi udara selain untuk memperoleh udara segar, ternyata juga sekaligus dapat menjaga kelembapan dan suhu yang nyaman untuk penghuni rumah. Dengan adanya ventilasi yang dapat mengatur hawa rumah supaya tidak terlalu lembab, kita dapat terhindar dari jamur-jamur dan bakteri berbahaya.

2. Ventilasi Sebagai Tempat Proses Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara merupakan pertukaran atau keluar masuknya udara dari luar maupun dari dalam rumah. Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi untuk membantu sirkulasi udara. Dengan adanya ventilasi yang baik, maka sistem sirkulasi udara segar dari luar akan masuk. Tentu hal ini akan bagus buat kesehatamu dan keluarga.

3. Ventilasi Mengeluarkan Polus Dari Dalam Rumah
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sumber polusi tidak hanya berasal dari luar rumah, tetapi juga bisa dari dalam rumah. Beberapa contoh polusi yang berasal dari dalam rumah adalah asap rokok, bakteri, atau asap dapur. Dengan adanya ventilasi di rumah, polusi tersebut dapat berganti dengan udara dari luar yang lebih segar dan menyehatkan.

4. Menghilangkan Kepngapan Dalam Hunian
Infeksi saluran pernafasan seringkali disebabkan karena udara yang pengap, tidak terjaganya keseimbangan kadar oksigen dan kadar karbondioksida yang terkandung dalam udara. Kadar oksigen yang lebih sedikit akan menyebabkan penghuni rumah rentan menderita infeksi saluran pernafasan seperti radang tenggorokan dan batuk-batuk.
Dengan adanya ventilasi, pertukaran udara senantiasa lancar, kadar oksigen akan terjaga keseimbangannya sehingga para penghuni akan terhindar dari infeksi pernafasan akibat pengapnya udara di dalam rumah.

5. Ventilasi Juga Dapat Menghangatkan Ruangan
Ventilasi rumah tidak hanya memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan udara di dalam rumah, namun salah satunya juga dapat menghangatkan ruangan. Rongga ventilasi udara bisa menjadi jalur bagi cahaya matahari masuk, ruangan akan menjadi hangat dan lebih nyaman ditinggali.

6. Percantik Rumahmu Dengan Ventilasi Udara
Dewasa ini semakin banyak variasi dan desain untuk rumah, salah satunya ventilasi. Ventilasi dapat kita jadikan salah satu dekorasi rumah yang menarik dengan ide-ide kreatif. Desain ventilasi yang unik bukan hanya membuat rumah menjadi lebih sehat.

Setelah tahu pentingnya ventilasi, pastikan sirkulasi di rumahmu cukup ya. Buatlah ventilasi yang cukup saat ingin membangun rumah, supaya kamu dan keluarga tetap sehat. Terima kasih sudah membaca artikel dari kami semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kalian semua.

Leave a reply "Pentingnya Ventilasi Udara Untuk Rumah"

Your email address will not be published. Required fields are marked *